• MAN 2 CIAMIS
  • MADRASAH PLUS KETERAMPILAN

18 Siswa MAN 2 Ciamis Lulus Seleksi PTN Melalui Jalur SNBP 2024

Ciamis,- Humas MAN 2 Ciamis

Sebanyak delapan belas siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Ciamis berhasil lulus ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun 2024. Hal tersebut sesuai dengan pengumuman resmi di laman SNBP Kemdikbud Ristek RI.

Kepala MAN 2 Ciamis, Drs. Aris Mujiraharjo, M.Pd ketika dimintai tanggapan oleh humas (28/3) mengucapkan rasa syukur dan bangga atas siswa yang lulus pada jalur undangan atau SNBP Tahun 2024.

 “Alhamdulillah kita sangat bersyukur dan bangga atas lulusnya siswa kami. Siswa lulus berdasarkan pilihannya, semoga tahun depan lebih banyak lagi yang lulus melalui jalur undangan ataupun SNBP,” harapnya

Ia mengatakan 18 siswa yang diterima di PTN jalur SNBP tersebar di 6 Universitas Negeri dimana diantaranya 1 siswa diterima di Universitas Indonesia, 2 siswa di Universitas Jenderal Soedirman, 2 siswa di IPB, 2 Siswa di Universitas Padjadjaran, 6 siswa di UIN SGD Bandung dan 5 Siswa di Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Siswa yang lulus SNBP Tahun 2024 menunjukkan bahwa keberhasilan peran Madrasah dan orang tua dalam membimbing serta memotivasi siswa terlebih lagi dewan guru. Karena Madrasah tetap berperan untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman tentang SNBP, membimbing siswa serta membuka layanan konsultasi bagi siswa sehingga siswa memiliki pandangan yang cukup untuk menentukan pilihannya, selain itu Madrasah juga memberikan pelayanan terbaik terkait hal-hal yang dibutuhkan siswa dalam melakukan pendaftaran SNBP.

“Selain peran Madrasah peran orang tua juga sangatlah penting sehingga para siswa semangat karena berkat doa restu orangtua anak anak akan lebih mudah untuk meraih cita-citanya,” ungkapnya.

Untuk itu lanjutnya, bagi siswa-siswi yang belum lulus SNBP jangan berkecil hati karena masih banyak jalur masuk perguruan tinggi yang masih bisa dicoba. Dalam mengukir cita-cita setelah lulus dari Madrasah ini dibutuhkan keyakinan, rasa optimis, sikap pantang menyerah dan selalu berdoa dan meminta doa restu kepada orang tua agar diberikan kemudahan dalam menggapainya.

Pihaknya mengatakan bagi seluruh peserta didik yang lulus saya ucapkan selamat dan sukses, semoga semua siswa kelak dapat memberikan kontribusi terhadap agama, nusa, dan bangsa dan tetap menjaga nama baik Madrasah. Bagi anak-anak yang tidak lulus jangan berkecil hati atau patah semangat karena masih banyak jalur masuk perguruan tinggi seperti seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT), seleksi mandiri (Ujian Mandiri), dan UM-PTKIN.

“ Saya percaya bahwa siswa siswi MAN 2 Ciamis yang sudah masuk PTN lewat SNBP pasti akan sukses dan untuk yang belum akan juga sukses karena masih banyak jalur masuk PTN seperti seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT), seleksi mandiri (Ujian Mandiri) dan UM-PTKIN. Saya percaya akan proses kalian dan saya bangga akan prestasi kalian” ujarnya.

Pihaknya berharap untuk para siswa kelas X dan XI terus berprestasi dengan baik sehingga mampu memperoleh juara dalam berbagai ajang perlombaan dan termotivasi untuk melanjutkan seperti kakak tingkatnya, serta semakin bertambah banyak siswa yang diterima di PTN impiannya sehingga nantinya dapat membawa nama baik Madrasah dan juga keluarga.

“ Saya berharap jejak langkah kakak tingkat kelas XII ini menjadi motivasi untuk siswa kelas X dan XI agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk meraih cita-cita yang diimpikannya nanti” harapnya.

Di tempat terpisah, Salah satu siswa kelas XII MIPA 1 yang diterima di Universitas Indonesia program studi Keperawatan, Sevia Eka Juwita mengaku dirinya merasa bahagia setelah melihat pengumuman kemarin. 

“Alhamdulillah, peluk haru dan rasa bangga kedua orang tua saya terima. Orang tua memberikan dukungan penuh kepada saya” ungkapnya 

Bahkan menurutnya Ia tidak kebingungan lagi untuk mendapat perguruan tinggi negeri untuk melanjutkan jenjang pendidikan kedepannya.

“Alhamdulillah, saya kini sudah tenang, sudah diterima di perguruan tinggi sesuai yang saya impikan. Ayah bunda juga sangat bahagia, dan sangat mendukung keputusan yang saya ambil. Semoga saya dapat menyelesaikan masa studi saya tepat waktu, dan mendapat ilmu yang penuh barakah,” ungkapnya

 

 

Kontributor: Heri HR

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
INFO : SELEKSI CALON SISWA BARU JALUR BOLA VOLI

  Diberitahukan bahwa seleksi calon siswa baru JALUR BOLA VOLI akan dilaksanakan pada : Hari : Sabtu-Ahad Tgl : 27-28 April 2024 Waktu : 07.30 WIB s.d. selesai Tempat : MAN

24/04/2024 11:39 - Oleh Heri Hardianto - Dilihat 42 kali
Semangat Berbagi, OSIS dan Forum Ekskul MAN 2 Ciamis Plus Keterampilan Bagikan 250 takjil

Ciamis, Humas MAN 2 Ciamis  Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan forum Ekskul MAN 2 Ciamis Plus Keterampilan melakukan kegiatan berbagi takjil gratis sebagai momen Ramadhan y

30/03/2024 17:57 - Oleh Heri Hardianto - Dilihat 240 kali
30 Siswa MAN 2 Ciamis Ikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten /Kota (OSN-K) Tahun 2024

Ciamis,- Humas MAN 2 Ciamis Sebanyak 30 Siswa MAN 2 Ciamis ikuti ajang Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten /Kota (OSN-K) Tahun 2024, dari tanggal 26-27 Maret 2024, bertempat di

26/03/2024 13:49 - Oleh Heri Hardianto - Dilihat 108 kali
Ramaikan Kegiatan Festival Ramadhan Kemenag 2024 , MAN 2 Ciamis Salurkan 30 Paket Sembako Kepada Siswa

Ciamis,-Humas MAN 2 Ciamis    MAN 2 Ciamis membagikan tiga puluh paket sembako bagi siswa yang kurang mampu, kegiatan ini sendiri bertepatan dengan pelaksanaan Festival Rama

22/03/2024 19:26 - Oleh Heri Hardianto - Dilihat 196 kali
Tim Monev Asesmen Madrasah Kanwil Kemenag Jabar Pemantauan Langsung Asesmen di MAN 2 Ciamis

Ciamis,-Humas MAN 2 Ciamis    Memasuki hari ke empat pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM), MAN 2 Ciamis kedatangan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) AM Kantor Wilayah Kemente

21/03/2024 16:39 - Oleh Heri Hardianto - Dilihat 137 kali